Tuesday, March 20, 2012

Ngeteng : Bintaro - Lampung Malam Hari

"distance means nothing when someone means everything"


"Ngeteng"... buat sebagian orang mungkin gak asing lagi ya, but buat sebagian lainnya there are still have a big question mark in their mind... ngeteng digunakan sebagai istilah buat ngelakuin perjalanan dengan cara nyambung menyambung, berganti ganti alat transportasi. Ngeteng umumnya dilakuin pada siang hari dengan alasan kita bisa lebih ngerti keadaan sekeliling kita, tapi buat kali tulisan ini yang akan dibicarakan adalah ngeteng malam hari dari Bintaro - Lampung. Mungkin lo semua bertanya tanya mengapa tulisan ini diawali dengan sebuah quote diatas, ya alesannya karena quote itulah yang memberanikan diri gw atau memaksa buat berani ngelakuin perjalannan ini.

Sore itu pulang kuliah sekitar pukul 16.00 tiba tiba aja hujan gede banget, padahal gw dah berencana buat ngelakuin perjalanan ke lampung, biasanya sikh gw kesana naik damri dari gambir menuju lampung (kotabumi) dan harus merogoh kocek Rp.140.000. karena hujan gede males banget jadinya, sebenernya damrinya berangkat jam 20.00 tapi biasanya gw ke gambir jam stengah lima buat ngantisipasi kehabisan tiket. "hujan pun tak kunjung reda sampai mentari menuju peraduannya" akh macam pujangga aja. Sampe maghrib hujan pun tak kujung reda, ya udahlah gw batalin aja rencana ke lampung.

"WOI CERITA NGETENGNYA KAPAN"?

Hampir aja kelupaan gak cerita ngeteng. Tepat pukul 21.30 tiba tiba ada bbm dari "someone" yang tak lain istri gw, katanya dia lagi sakit badannya panas banget. dan detik itu pula gw putusin mesti ke lampung. Pilihan yang ada cuman satu ngeteng.... dan gw putusin bakalan berangkat malam itu juga, setelah cari cari sumber di internet dapet beberapa tulisan yang ngasih masukan caranya ngeteng, tapi ya itu kebanyakan siang hari... salah satu sumbernya dari sini berbekal itulah dan tanya temen yang dari lampung katanya angkot kesana 24 jam jadi gw pikir gak masalah.

berangkat dari kostan pukul 22.30 dari depan pondok safari ceger naik angkot putih 05 jurusan kebayoran lama, pas begitu naik langsung aja milih tempat paling depan buat liat keadaan di jalan, angkot melaju dengan kecepatan standar, gak tau berapa kecepatannya soalnya spedometernya udah gak ada biasalah ciri angkot di jakarta. sekitar pukul 23.00 angkot nyampe di cipulir dan gw pun turun disitu sembari mengeluarkan uang lima ribuan (karena gak tau mesti bayar berapa) ekh si abangnya ngasih kembalian 2 ribu, ternyata tarifnya sama kaya pas waktu siang. Dari situ langsung gw menunggu angkot putih 01 jurusan ciledug. tak selang lama angkot datang, ternyata walopun malam tetep aja penumpangnya ada sebagian sekitar 7 orang, dan seperti biasa gw milih didepan, buat sedikit basa basi sama sopir angkot. sama merhatiin orang orang yang berlalu lalang dimalam hari. Sampai Ciledug sekitar pukul 23.30 ongkosnya 3 ribu (inilah enaknya didepan bisa ngeliat berapa tarif yang mesti dibayar).

Berbekal jawaban sopir angkot 01 tadi gw ditunjukin buat naik angkot warna kuning hijo buat jurusan ciledug-cikokol. Ternyata angkotnya lagi ngetem dan nunggu penumpang, biasalah karena kursi depan kosong langsung aja gw duduk didepan, sopir angkotnya ternyata masih muda yah umumrnya kaya habis lulus sma gitu. Biasa berbekal basa basi pertanyaan standar "baru keluar jam segini bang" (pertanyaan ini bisa digunakan buat supir angkot maupun taksi, tukang ojek maupun tukang becak), biasanya si abang akan bales dengan jawaban 2 sampai 3 kalimat, kata si abangnya "bentar ya bang nunggu setengah isi"  gw jawab iya aja.. bener deh sekitar setengah jam tepatnya udah pukul 23.50 angkot baru isi memenuhi quorum buat bisa diberangkatkanlah isitilahnya. Angkot berjalan menuju cikokol, diangkot ini gw mesti tirun di perempatan cipondoh... angkot berjalan cukup kencang, terasa dari angin malam yang mulai dingin and terus masuk ke angkot, sampe di perempatan cipondoh pas mau turun si sopir angkot ternyata nyaranin buat jangan turun disitu katanya rawan kalo udah jam segini, waktu itu udah jam duabelas seperampat dan siabangnya nyaranin buat turun halte depan aja, ya gw turutun saran si abang jarena emang perempatan itu serem agak gelap gitu. ekh begitu nyampe didepan halte ternyata ada bus arimbi yang biasanya jurusan merak udah ada disitu, "wah ppas banget tuh bang" kata sopir angkotnya, "soalnya kalo udah jam segini ke merak dari kalideres udah gak ada, jadi harus naik angkot hijo jurusan serpong dulu  terus turun di pull bus arimbi, ekh ini pas banget ada bus arimbi" iya makasih bang jawab gw sambil turun dari angkot dan ngasih lima ribuan, ekh ternyata masih dikasih kembalian seribu sama abangnya,

Pas mau naik naik bus ternyata itu bus arimbi lagi isi angin and bus tersebut gak mau ke merak, tapi mau "ngandang" ke pull, kata sopirnya udah ikut aja ke pull sekalian, bus berjalan menuju pull dan emang gak terlalu jauh dari situ paling sekitar 5 menitan dan nyampelah di pull arimbi. ngeliat jam udah pukul 00.30, dan berikutnya adalah nunggu bus arimbi yang juruan merak, pull nya sepi cuman ada beberapa orang pedagang asongan sama sekitar 3 atau 4 orang penumpang lainnya yang ikutan nunggu juga. tepat pukul 01.00 ada bus arimbi masuk wah lumayan nih setengah jam nunggunhya, ekh taunya tuh bus cuman ngandang, akh sial mesti nunggu lagi... limabelas menit kemudian akhirnya ada bus arimbi jurusan merak. langsung aja naik. lumayan juga busnya nyaman buat perjalanan sekitar 2 jam, oongkosnya buat naik bis ac ini 20ribu.

Sampe merak sekitar pukul 02.30 karena baru pertama jadi gak tau dimana nih tempat beli tiket kapal. ya udah gw ngikutin aja orang yang yang bawa tas pada jalan kemana ngikutin serombongan orang tersebut sampe akhirnya masuk ke area pelabuhan, dan ternyata lumayan bagus juga tempatnya, sampe di tempat beli tiket dan harganya 11.500 langsung aja bayar pake uang pas terus ngikutin aja petunjuk arah kao gak ngikutin orang sampe dermaga yang dituju. setelah nunggu sejam ada juga kapal yang nyandar jam 03.30 baru bisa naik kapal, langsung aja menuju ruang lesehan biar bisa tidur rebahan, okh ya buat masuk ke lesehan ini ada ongkos tambahan 8ribu. Begitu masuk kapal langsung leppp tertidur karena badan udah gak kompromi ngantuknya.

Bakauheni, sekitar pukul 06.00 kapal merapat ke pelabuhan bakauheni.waktu itu ternyata ada masalah saat petugas pelabuhan mau nempelin tangga buat lewat para penumpang, alhasil mesti nunggu sekitar 25 menitan. Setelah tangga terpasang langsung menuju ke area terminal, ngikutin aja koridor yang udah ada, sebelum nyampe tempat bus and travel biasanya udah pada nawarin mau naik bus apa travel. karena waktu itu gw pingi ngeteng, tetep aja jalan terus sampai di bawah sana udah ada dua bus yang satu AC yang satunya ekonomi. penumpang waktu itu pada milih bus ekonomi mungkin karena udah mau berangkat kali ya... gw pun ngikut aja naik bus ekonomi.... naik bus ini tujuan ke rajabasa (terminal di bandar lampung). ongkosnya 17ribu. lama perjalanan ke rajabasa 3 jam padahal jaraknya hanya 95km, bisa dibayangkan betapa leletnya itu bus jalan, sepanjang sejarah gw naik bus, mungkin bus jurusan bakauheni meraklah yang paling lelet, Kebanyakan sopirnya pake sistem "ngeblong" jadi kendaraan di gas sampe kenveng terus giginya dinetralkan, kendaran jadinya ngeblong, mungkin buat ngirit solar kali ya...

Setelah tiga jam nyampe juga di Rajabasa, jam menunjukan 09.30, akh lumayan capek mana belum sarapan lagi. Ekh liat di ujung terminal ternyata ada pedagang lontong sayur lumayan buat ngganjel perut. Kalo yang tujuannya bandar lampung atau tanjung karang nyampe rajabasa bisa diartikan sudah sampe, tapi karena tujuan gw ke kotabumi yah.. mesti nyambung lagi pake bus puspa dan lama perjalanan dua setengah jam. Puspa berangkat jam sepuluh tepat, alhamdulillah nyampe puspa setengah satu..

Sebenernya ngeteng ini bisa dijadikan buat alternatif bagi yang mau ngirit, bandingin aja kalo naik damri dari gambir, ini perbandingannya.
Ke lampung naik Damri:
    • Angkot dari ceger ke kreo                                       Rp.     3.000
    • Naik P44 kreo Gambir                                            Rp.     6.000
    • Damri Gambir Kotabumi                                          Rp. 140.000
                        Total                                                                    Rp. 149.000

Ke Lampung Ngeteng
    • Angkot Ke Cipulir                                                     Rp.   3.000
    • Angkot Cipulir - Ciledug                                            Rp.   3.000
    • Angkot Ciledug - Cikokol                                          Rp.   4.000
    • Bus Arimbi Cikokol - Merak                                      Rp. 20.000
    • Kapal + ruang AC di dalam kapal                               Rp. 19.500
    • Bus Bakauheni - Rajabasa                                          Rp.  17.000
    • Bus Rajabasa - Kotabumi                                           Rp.  15.000
                           Total                                                                   Rp.    81.500

Lumayan banget kan selisihnya...
Semoga tulisan ini bisa buat acuan bagi temen temen bagi yang berminat mau traveling ke lampung ya....
have a nice trip...................

0 Comments:

Post a Comment